CVT By Suhu Matic (The Right Man)

sekedar share mengenai cvt lagi, tapi lebih dalam ke masalah puli depan /variator dan roller

dan saya anggap kebanyakan teman2 sudah tau secara garis besar bagaimana cvt bekerja, jadi saya langsung aja ke masalah roller dan variator/puli depan.

gambar berikut adalah gambar bagaimana puli depan bekerja, gambar seperti ini banyak beredar di internet


gambar di bawah berikut lebih jarang anda lihat di internet atau buku yg lain.
disini saya menambahkan gambar tutup variator dan roller ke dalam gambar sehingga teman teman bisa melihat lebih jelas bagaimana belt cvt bisa bergerak naik turun.




bagaimana roller bisa bergerak naik / ke arah luar ?
tentu teman2 sudah tau; yaitu karena gaya sentrifugal
semakin tinggi putaran mesin maka semakin besar gaya yg menekan roler ke arah luar.

Nah jika anda sudah mengamati gambar di atas dengan sungguh2 maka akan mudah bagi anda menjawab pertanyaan saya di bawah ini.

Pertanyaan ini cukup kontroversial bagi kebanyakan mekanik tapi silahkan anda telaah sendiri.

Mana yg lebih berpengaruh ; besar diameter roller atau berat roller itu sendiri???


besok saya akan me upload gambar yg belum pernah saya temui di internet atau buku lain (cuma saya browsing; gak tau kalau temen2), dan semoga dari gambar tersebut akan lebih jelas lagi bagaimana cara cvt mengkoreksi powerband scooter anda.


as always, kalau mau copy paste silahkan ijin dulu.
thx
enjoy

No comments: